Penyalahgunaan Melamine Dalam Makanan

Apa Itu Melamina (Melamine)?


Melamina adalah bahan kimia organik yang kaya nitrogen dan biasanya ditemukan dalam bentuk kristal putih.


Apa Kegunaan Melamina?


Melamina biasanya diproduksi untuk penggunaan industri, diantaranya dalam pembuatan:

  • plastik
  • bahan pembersih
  • lem
  • baja
  • peralatan dan pirin

Apakah Efek Melamina Kepada Manusia?


Efek Melamina langsung mengakibatkan iritasi (rasa tidak nyaman seperti gatal-gatal / sakit / pedih) ketika menghirup dan bersentuhan dengan kulit atau mata.

Penggunaan Melamine dalam makanan dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem reproduksi, pembentukan batu ginjal dan kandung kemih. Ini bisa mengakibatkan kegagalan fungsi ginjal terutama pada bayi.


Apa Efek Penggunaan Melamina Secara Berlebihan Pada Manusia?


Meskipun tidak ada penelitian manusia langsung pada efek data melamin dari studi hewan dapat digunakan untuk memprediksi efek kesehatan yang merugikan. Melamin saja dapat menyebabkan batu ginjal pada binatang. Ketika dikombinasikan dengan asam cyanuric, yang juga hadir dalam bubuk melamin, melamin dapat membentuk kristal yang dapat menimbulkan batu ginjal. (Sumber: WHO).

Melamina dalam makanan akan menjadi lebih bahaya jika bercampur dengan cyanuric acid yaitu sejenis bahan kimia yang terdapat secara alami dalam makanan.


Apa Tahap Melamina Yang Dibenarkan Dalam Makanan?


Penambahan Melamina dalam makanan adalah tidak diperbolehkan. Namun, karena penggunaan Melamina yang luas dalam industri termasuk dalam pembuatan bahan yang bersentuhan dengan makanan (food contact material), tingkat Melamina yang rendah dapat terdeteksi di dalam makanan.

Tingkat maksimum melamin yang diizinkan (action level) dalam makanan secara tidak sengaja (unintentional) atau tidak dapat dihindari (unavoidable) adalah:

  • 1 mg / kg untuk makanan bayi, dan
  • 2,5 mg / kg untuk makanan lain.

Jika produk makanan terdeteksi mengandung Melamina melebihi tingkat maksimum yang diizinkan, tindakan hukum akan diambil.

Apakah Aman Menggunakan Melamine Ware?


Melamine ware seperti piring-mangkuk, teko, cangkir dan gelas banyak digunakan dalam penyediaan makanan di rumah, restoran dan toko-toko makan. Melamine ware terbuat dari Melamina, urea, bahan organik dan formaldehida. Melamina merupakan bahan yang tahan panas dan sangat stabil. Melamine ware mampu tahan pada panas yang lebih tinggi dibandingkan barang plastik lainnya.

Ada beberapa studi tentang migrasi Melamina yang telah dilakukan di tingkat internasional. Hasil menunjukkan ada migrasi Melamina dari melamine ware pada tingkat yang rendah. European Union (EU) telah menetapkan Specific Migration Limit (SML) untuk Melamina adalah 30 kg / mg (ppm).

Harga migrasi Melamina meningkat pada suhu tinggi, kondisi asam dan penggunaan melamine ware yang berulang-kali. Sehubungan dengan itu, pengguna disarankan untuk tidak menggunakan melamine ware pada suhu yang ekstrem seperti di dalam oven dan microwave.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Obat Penghancur Batu Ginjal
Privacy Policy | Terms Of Service | Disclaimer