Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Pasien Batu Ginjal

Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Pasien Batu Ginjal - Penyakit batu ginjal sering di kaitkan dengan pria. Sebab dalam penelitian, pria lebih mudah terkena penyakit batu ginjal ini dibandingkan wanita. Saya nak share artikel dari majalah Anis terkait gizi seimbang untuk pasien batu ginjal. Tapi kali ini, saya nak share makanan yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal.


Batu ginjal atau dalam istilah perubahan "nephrolothiasis / renal calculi" adalah merujuk kondisi yang mana ada sisa mineral halus seakan batu kristal di sepanjang saluran kencing. Saluran ini mencakup organ seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan urerta yang berfungsi menyaring darah untuk membuang kotoran yang kemudian disingkirkan dari tubuh. Batu ginjal terbentuk ketika air kencing mengandung banyak bahan, terutama kalsium, oksalat, asam urat dan sistein atau kekurangan bahan yang bertugas membantu mencegah pembentukan kristal seperti sitrat dan mangnesium. Air kencing yang terlalu pekat akan menyebabkan mineral dalam urin termendak dan mulai membentuk kristal lalu bergabung dan membentuk sebuah batu yang keras.

Masalah sakit batu ginjal kembali terbentuk dapat dihindari dengan menerapkan diet sehat dan minum air yang banyak. antara tips diet seimbang untuk pasien batu ginjal adalah: -

* Awasi kalsium yang berlebihan
- Asupan kalsium yang tinggi juga bolh menyebabkan pembentukan batu ginjal. Pastikan Anda membaca kandungan nutrisi untuk setiap hidangan terutama produk susu untuk mengetahui berapa banyak kalsium yang diambil. JIka Anda mengambil suplemen kalsium, pastikan Anda tahu kandungan kalsium yang ada pada sebuah kapsul. Kalsium yang diperlukan untuk pasien batu ginjal adalah di kisaran 700-800mg sehari.


* Batasi asupan protein Anda
- Konsumsi protein yang berlebihan akan membebani ginjal yang bertanggung jawab untuk memprosesnya. Namun, tubuh Anda masih membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan membantu sel di dalam tubuh berfungsi dengan baik. Singkatnya, konsumsi protein yang disarankan adalah sebesar 1g / 1kg.

* Kurangi konsumsi makanan tinggi garam (sodium)
- Konsumsi sodium yang tinggi juga dapat mengakibatkan pembentukan batu ginjal. Hindari konsumsi makanan terproses dan makanan kaleng

* Hindari konsumsi makanan tinggi oksalat
- Oksalat atau asam oksalat adalah senyawa kimia yang bergabung bersama kalsium untuk membentuk batu ginjal. Antara makanan yang tinggi kandungan oksalat adalah coklat, bayam, teh, yogurt, telur, kacang, ikan, berbagai jenis buah beri (stroberi, blackberry, blueberry,), bubuk kopi instan, hasil produk kedelai (tofu) dan minuman beralkohol.

* Awasi makanan tinggi purin
- Purin akan diubah menjadi asam urat dan air kencing yang asam ini akan termendak dan kristal kristal akan terbentuk. Antara contoh makanan tinggi purin adalah organ internal, makanan laut bercengkerang dan daging merah.
Share:

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © Obat Penghancur Batu Ginjal
Privacy Policy | Terms Of Service | Disclaimer