Pria Dua Kali Lebih Beresiko Terkena Batu Ginjal

Pria dua kali lebih berisiko terkena batu ginjal dibandingkan perempuan. Secara kodrat, perempuan punya hormon yang menghambat pembentukan batu, meskipun tidak 100 persen efektif. Oleh karena itu, pria harus lebih waspada dan peka terhadap gejala yang muncul. Gejalanya yaitu: nyeri pinggang hebat, mual dan muntah, kencing berdarah, demam, terlalu sering kencing, serta sulit menahan kencing.

Batu ginjal sering kali masuk ke kandung kencing sehingga menimbulkan rasa ingin kencing. Padahal tidak ada air kencingnya. Pasien yang dicurigai terkena batu ginjal harus melakukan beberapa tes laboratorium untuk darah dan urin. Bila urin mengandung darah, itu indikasi batu ginjal. Bisa juga dengan USG.

Sebanyak 80 persen kasus batu ginjal bisa keluar sendiri karena kurang dari 5 milimeter. Pencegahannya adalah banyak minum, olahraga, dan jangan sering konsumsi obat-obatan kimia. Kalau bicara soal makanan yang bisa membentuk batu ginjal, ada banyak sekali. Bisa-bisa kita nanti tidak makan :-).

Vitamin C dosis tinggi, kalsium, bahkan sayuran warna hijau dikatakan bisa membentuk batu ginjal. Tapi itu masih kontroversial. Masyarakat harus lebih rasional dengan memilih memeriksakan diri ke dokter, bukan ke orang 'pintar'. Masyarakat juga harus bisa lebih sadar akan air kencingnya. Perhatikan warnanya, semakin mendekati warna bening, maka artinya cukup minum.
Share:

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © Obat Penghancur Batu Ginjal
Privacy Policy | Terms Of Service | Disclaimer