Kebiasan Kebiasaan Yang Dapat Merusak Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh Anda. Hal ini karena ginjal mempunyai banyak manfaat, diantaranya: sebagai organ yang menyaring darah, memproduksi hormon, menyerap mineral, menghasilkan urin, menghilangkan racun, dan menetralkan asam dalam tubuh.
 
Sayangnya, kerusakan dan penurunan fungsi ginjal tidak disertai tanda atau gejala yang jelas. Proses ini dapat berlangsung selama bertahun – tahun. Alasannya, meski mengalami kerusakan, ginjal masih dapat bekerja sedikitnya 20% dari seluruh kemampuannya. Oleh karena itu, penyakit ginjal sering disebut sebagai "penyakit diam". Itulah alasan pentingnya kenapa kita harus merawat kesehatan ginjal sebelum terlambat.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak ginjal:

Tidak minum cukup air

Fungsi utama ginjal adalah menyaring darah, menghilangkan racun dan bahan – bahan limbah dalam tubuh Anda. Bila Anda tidak minum air putih yang cukup dalam sehari, maka racun dan bahan limbah lainnya akan menumpuk dalam tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada metabolisme tubuh Anda.

Konsumsi alkohol

Tidak salah bila Anda ingin sesekali waktu menikmati segelas anggur atau bir. Namun, kebanyakan dari kita kecanduan dan tidak dapat berhenti setelah sekali mencobanya. Alkohol sebenarnya adalah racun yang banyak mendatangkan tekanan dan merusak fungsi ginjal dan hati Anda.

Mengonsumsi garam berlebih dalam makanan

Agar dapat bekerja dengan baik, tubuh Anda butuh asupan natrium atau garam. Namun, banyak orang mengonsumsi garam berlebih, sehingga dapat meningkatkan tekanan pada darah maupun ginjal. Sebagai aturan praktis yang baik, Anda disarankan untuk mengonsumsi garam sebanyak 5 gr setiap harinya.

Sering menunda kebutuhan alami tubuh Anda

Umumnya, banyak dari kita sering menunda kencing, hanya karena alasan sibuk dan menghindar dari toilet umum yang kurang sanitasinya. Akibatnya, urine tertahan secara teratur dalam tubuh Anda, menyebabkan tekanan terhadap urin meningkat, juga menyebabkan terjadinya penyakit gagal ginjal, batu ginjal, dan inkontinensia/ mengompol. Anda disarankan sebaiknya segera ke tolilet, ketika panggilan untuk buang air kecil muncul.

Hilangkan kebiasaan mengonsumsi gula

Studi ilmiah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 2 gelas atau lebih minuman manis setiap harinya, berpotensi untuk memiliki protein dalam urin mereka. Protein yang berada dalam urin merupakan tanda /gejala awal ginjal Anda tidak dapat melakukan pekerjaannya sebagaimana mestinya.

Kurangnya asupan vitamin dan mineral

Banyak mengonsumsi makanan yang sehat dan berserat, seperti sayuran segar serta buah-buahan adalah penting bagi metabolisme tubuh Anda. Misalnya vitamin B6 dan magnesium adalah dua zat penting untuk mengurangi terjadinya risiko batu ginjal / gagal ginjal. Secara keseluruhan juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal dan kesehatan tubuh Anda

Terlalu banyak mengonsumsi protein hewani

Daging merah merupakan sumber utama protein hewani. Dengan mengonsumsi daging merah dalam jumlah yang banyak , dapat menyebabkan ginjal Anda bekerja secara ekstra dan meningkatkan beban metabolisme pada ginjal Anda. Hal ini yang menjadi penyebab kerusakan ginjal atau disfungsi ginjal dari waktu kewaktu.

Waktu tidur yang kurang

Kita semua tahu pentingnya mendapatkan istirahat malam yang baik. Kurangnya tidur berkepanjangan dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, khusunya penyakit ginjal . Sepanjang malam , ginjal Anda tetap bekerja untuk memperbaiiki jaringan tubuh yang rusak. Anda disarankan sebaiknya mengambil waktu tidur yang cukup, sehingga tubuh punya waktu untuk menyembuhkan dan memperbaiki diri.

Kecanduan kopi

Sama seperti garam, kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah dan menempatkan tekanan ekstra pada ginjal Anda. Seiring waktu mengonsumsi kopi secara berlebihan, dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal Anda.

Penyalahgunaan obat penghilang rasa sakit

Kebanyakkan orang mudah sekali mengonsumsi obat penghilang rasa sakit hanya untuk mengatasi sakit dan nyeri ringan. Padahal terdapat banyak obat alami dan aman lainnya. Penggunaan obat penghilang sakit yang berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius dan ginjal juga.

Itulah beberapa kebiasaan umum yang dapat merusak ginjal yang dapat admin obat ginjal informasikan pada anda.Bila ingin memiliki tubuh dan ginjal yang sehat, Anda disarankan sebaiknya banyak mengonsumsi makanan , buah- buahan serta sayuran hijau yang sehat.
Share:

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © Obat Penghancur Batu Ginjal
Privacy Policy | Terms Of Service | Disclaimer