Batu Ginjal Dapat Di Hindari

Menderita batu ginjal memang sangat tidak enak. Tak ada gerak yang tak menimbulkan rasa sakit, terutama di daerah pinggang dan perut. Faktor risiko batu ginjal ini ternyata ada yang bisa kita kendalikan. Simak beberapa diantaranya yang disarikan dari healthwise.

  • Pertama adalah berapa banyak Anda minum air
Penyebab umum masalah batu ginjal adalah tidak cukupnya air yang diminum. Cobalah untuk minum cukup air agar warna urin Anda tetap kuning muda atau bersih seperti air, yaitu sekitar 8-10 gelas setiap hari.

  • Kedua adalah jenis makanan yang dikonsumsi
Makanan tinggi protein, sodium, dan oksalat, seperti sayuran hijau tua, ternyata bisa meningkatkan risiko batu ginjal. Jika bermasalah dengan makanan yang dikonsumsi, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi untuk mereview jenis makanan yang dikonsumsi.

  • Ketiga adalah menghindari berat badan berlebih
Obesitas disebutkan sebagai salah satu faktor yang bisa meningkatkn risiko batu ginjal. Masalahnya, obesitas bisa menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan kalsium dalam urine, yang pada akhirnya bisa memperbesar risiko batu ginjal. Pun dengan beberapa obat-obatan tertentu seperti acetazolamide dan indinavir.

Sementara itu, faktor risiko yang tak bisa dikendalikan adalah gender dan usia. Pria berusia di antara 30 dan 50, juga wanita dalam periode postmenopause dengan kadar estrogen rendah, juga wanita yang indung telurnya sudah diangkat. Mereka yang punya sejarah kesehatan dengan batu ginjal juga berisiko tinggi mendapatkan batu ginjal. Pun mereka yang dalam riwayat kesehatannya sering terkena infeksi saluran kencing. Kondisi lain yang tak bisa dihindarkan adalah penyakit Crohn dan gout. Pembedahan usus atau gastric bypass surgery. Juga resistensi insulin yang disebabkan diabetes atau obesitas.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Obat Penghancur Batu Ginjal
Privacy Policy | Terms Of Service | Disclaimer